Kiat Menjaga Kesehatan Mental Ditengah Wabah Corona (Colvid-19)


5 kiat Menjaga Kesehatan Mental Ditengah Wabah Coronavirus 

Pandemi yang menyerang Penduduk Dunia di tahun 2020 sangat memberikan efek di berbagai sektor kehidupan. Penyebaran yang sangat cepat ke berbagai negara dengan angka kematian yang sangat tinggi. Ketakutan secara natural muncul ditengah masyarakat luas tidak hanya di zona merah bahkan zona aman yang belum ada penyebaran pun ketakutan akan penularannya wajib diwaspadai.
Dampak yang dirasakan tidak hanya pada sektor kebutuhan manusia dari berbagai sisi, faktor pertahanan diri pun mulai dari kesehatan fisik dan mental sangat mempengaruhi. Terutama merek ayang memang lemah secara fisik dan juga memiliki gangguan kecemasan obsesif kompulsif.
Lalu bagaimana kita dapat menjaga kesehatabn mental kita?
Kita sama sama merasakan kekhawatiran terhadap sesuatu yang belum berwujud tapi memberikan dampak buruk bahkan sampai kematian. Untuk menyeimbangkan mental kita agar memberikan sugesti positif untuk menghadapi wabah  covid-19. Berikut kami menghimpun beberapa kiat untuk menjaga kesehatan mental kita.

PERTAMA

Batasi Konsumsi berita dan selektif terhadap bacaan


Informasi yang tersebar di media sangat cepat dari berbagai sumber. Sehingga informasi benar dan tidaknya terkadang mudah disebarkan hanya untuk bisa dikonsumsi oleh netizen apalagi ada oknum tertentu yang hanya ingin mengikuti tren dan viral agar bisa eksis dengan berita baru tanpa melakukan filter kebenarannya (misinformasi).
Membaca informasi ataupun menonton video keadaan terdampak wabah hanya akan menambah kecemasan atau mempengaruhi kecemasan orang-orang disekitar kita. Walaupun hanya sekedar konsumsi obrolan ringan tetap harus diwaspadai karena ini awal ketakutan membuat mental lemah dan pasti berpengaruh terhadap daya tahan tubuh.

KEDUA

Istirahat dari media sosial dan menutup sumber kecemasan

Matikan kata kunci yang dapat memicu kecemasan dan mengganggu mental kita di facebook, twitter instagram, dan media sosial lainnya bila perlu keluar dari akun untuk sementara waktu. Hilangkan rasa keingin tahuan akan keadaan buruk di wilayah kita. Yang harus kita tanamkan adalah kedisiplinan untuk menjaga mental dan kesehatan fisik dengan cara yang anda sukai di rumah.

KETIGA

Terapkan Pola Hidup Sehat

Hal ini terkadang kita tidak disiplin untuk menerapkan pola hidup sehat di lingkungan kita dan keluarga. Apalagi ditengah wabah melanda yang penyebarannya cukup cepat dengan kontak dengan orang dan benda yang terkena virus sudah bisa menular. Karenanya menerapkan pola hidup sederhana akan membuat kita terjaga dari berbagai kemungkinan tertular virus.

KEEMPAT

Jaga Jarak dengan orang lain

social distancing
Kiat keempat ini yang lagi digalakan pemerintah sebagai sebutan social distancing yaitu upaya untuk memutus mata rantai pepenyebaran virus dengan cara menjaga jarak. baik aktifitas kerja maupun kegiatan lainnya diusahakan tidak melakukan kontak fisik agar terjaga dari berbagai kemungkinan.
Kegiatan selama social distancing ini bisa diisi dengan berbagai kegiatan yang menjadi hobi anda agar selama masa karantina untuk menjaga jarak anda tidak merasa bosan.

KELIMA

Hindari Rasa Lelah dan Kecapean

Dari Beberapa sumber informasi menyatakan bahwa pandemi ini diperkirakan berlanjut beberapa waktu kedepan. Seperti yang admin singgung diatas bahwa keadaan fisik yang lemah akibat kecapean atau lainnya akan menurunkan daya imunitas seseorang untuk tahan dari penyakit.
Tetap lakukan kegiatan yang aman dan bermanfaat, berpuasa sejenak dari berbagai hal. Anggap ini waktu untuk kita restorasi dalam kehidupan diri kita agar lebih baik.
Semoga kiat ini bermanfaat.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar