CARA MELUBANGI KACA MENGGUNAKAN BOR

Melubangi kaca memeang cukup sulit, apalagi jika tidak memiliki alat dan triknya. ya Iyalah secara gitu loch kaca yang dilobangin. buat anak-anakko coba-coba.... hehe... hal ini banyak kita temui Apakah ada perbaikan rumah atau prakarya yang mengharuskan kamu melubangi kaca? Lubang pada kaca dapat dibuat menggunakan bor listrik biasa yang dilengkapi dengan mata bor yang sesuai. Kunci utama dalam melubangi kaca adalah menggunakan benda yang terbuat dari bahan yang lebih keras dibandingkan kaca itu sendiri.
mau bagai mana caranya? apa saja yang harus disiapkan? yo kita simak ulasannya.
ada beberapa tahapan gar kita berhasil mebungai kaca dengan aman.

1. Menyiapkan peralatan yang Tepat

  • Tentukan jenis kaca yang akan Anda lubangi.
Anda bisa melubangi botol anggur, aquarium, cermin, lantai kaca-atau kaca apa saja, asalkan bukan kaca antigores atau kaca pengaman.
Kaca antigores (tempered glass) akan hancur jika terkena bor. Kaca jenis ini dapat dikenali dengan memperhatikan keempat sudutnya. Pada kaca antigores, produsennya biasanya akan membuat ukiran di keempat sudut kaca.
Peringatan: saat melubangi kaca dengan bor, jangan kenakan pakaian longgar atau panjang, serta aksesori yang bergelantungan di tubuh, seperti kalung, gelang, dan kaus berjumbai. Jangan sampai ada benda yang Anda kenakan membelit bor. Anda sebaiknya juga mengenakan kacamata pelindung saat menggunakan bor. - Beli atau gunakan bor yang Anda punya di rumah. Jika Anda sudah punya bor di rumah, Anda mungkin bisa menggunakannya. Jika tidak, Anda bisa membeli bor standar di sebagian besar toko perkakas.
Tidak diperlukan bor khusus untuk melubangi kaca. Anda hanya perlu memilih mata bor yang tepat. Walaupun begitu, Anda harus menyalakan bor berdaya penuh saat melubangi kaca. Jika tidak, kaca yang Anda lubangi bisa pecah. Bayangkan proses ini seperti mencungkil kaca perlahan-lahan, ketimbang melubangi kaca. Hal ini akan membantu Anda untuk melakukannya perlahan-lahan.
Pilih mata bor yang tepat. Mata bor khusus untuk melubangi kaca diperlukan dalam proses ini. Hal ini sangat penting; Anda tidak bisa sembarang menggunakan mata bor yang ada. Bertanyalah pada pegawai toko perkakas karena mereka bisa memastikan Anda membeli mata bor yang tepat. Mata bor kaca cukup mudah ditemukan, dan Anda pun bisa memesannya melalui internet.
Salah satu jenis mata bor yang bisa Anda gunakan adalah mata bor karbit yang dibuat untuk melubangi kaca dan ubin. Mata bor karbit mempunyai ujung berbentuk sekop dan dirancang untuk tahan terhadap gesekan saat melubangi kaca atau ubin.
Anda bisa membeli mata bor karbit di toko-toko perkakas. Anda cukup datang ke bagian perlengkapan bor atau meminta bantuan pegawainya. Namun, salah satu masalah pada mata bor yang murah adalah mudah tumpul atau bahkan patah.
2. Persiapan Melubangi Kaca
Letakkan kaca dalam wadah kecil yang dapat menampungnya. Anda bisa menggunakan kotak es krim atau baki plastik. Jangan sampai Anda melubangi meja atau benda lainnya.
Letakkan sedikit kertas koran di bagian dasar wadah. Tumpukan kertas ini akan mencegah Anda melubangi wadah.
Pilihan lainnya adalah meletakkan kaca pada permukaan yang sangat rata sehingga posisinya stabil. Jika bisa, letakkan bantalan karet atau bantalan keras lain di bawahnya, asalkan kaca tetap dalam posisi datar dan stabil. Dengan kata lain, jangan angkat kaca selama melubanginya atau melakukan hal semacamnya.
Selalu waspada saat melubangi kaca. Pastikan untuk tidak melubangi kaca di tempat yang rentan terhadap kerusakan, dan pastikan kabel bor tidak melintang di dekat air.



Rekatkan selembar karton tebal ke kaca. Lembaran ini akan mencegah mata bor bergeser selama Anda melubangi kaca. Anda bisa menggunakan kotak kemasan serealia dalam langkah ini.
Cara lainnya adalah merekatkan selotip atau "lakban" ke bagian dalam dan luar kaca yang akan Anda bor. Perekat ini akan menahan kaca agar tidak bergeser.
Potong dua lembar perekat. Letakkan keduanya secara menyilang di atas titik yang akan Anda lubangi. Jangan pernah membuat lubang yang berjarak kurang dari 2 cm dari masing-masing tepi kaca.Berikan tanda titik yang akan Anda lubangi di atas perekat. Titik ini akan menjadi panduan Anda saat bersiap-siap melubangi kaca.

3. Melubangi Kaca
Mulailah melubangi kaca dengan kecepatan putaran yang sangat rendah. Anda harus bekerja lebih pelan saat melubangi benda keras; cari panduan kecepatan bor yang sesuai untuk beragam jenis benda, termasuk juga kaca, di internet.
Pasangkan mata bor berukuran kecil terlebih dahulu. Pastikan untuk memasangkannya dengan benar. Pada saat mulai melubangi kaca, sebaiknya Anda menggunakan mata bor berukuran sekitar 1/8 atau 3/32 inci. Buatlah cekungan kecil di permukaan kaca sebagai permulaan.
Kemudian lepaskan karton atau perekat dan gunakan kecepatan yang lebih tinggi, yaitu sekitar 400 rpm. Jika Anda melubangi terlalu cepat, mata bor Anda akan menyebabkan bagian di sekitar ujung mata bor tampak hangus. Jika perlu, ganti ukuran mata bor dengan yang lebih besar daripada yang Anda gunakan sebelumnya. Lubang pertama yang Anda buat akan menjadi pemandu langkah selanjutnya yang dilakukan menggunakan mata bor yang lebih besar hingga mencapai ukuran lubang akhirnya
Kurangi tekanan dan kecepatan bor lagi saat ujungnya nyaris melubangi kaca. Saat melubangi kaca dengan bor, Anda harus menggunakan kecepatan rendah atau sedang. Namun, saat nyaris melubangi kaca, Anda harus memperlambatnya lagi, karena inilah titik yang paling rapuh pada kaca.
Jika Anda menekan kaca terlalu kuat dengan bor, kaca bisa pecah. Pegang bor secara tegak lurus dengan kaca untuk mencegah ada bagiannya yang pecah. Kurangi tekanan Anda jika belum berpengalaman melubangi kaca, untuk menghindari kesalahan fatal. Cara lainnya adalah melubangi hingga separuhnya, balik kaca (dengan hati-hati) dan melubangi sisi sebaliknya hingga menembus bagian tengah kaca. 
Gunakan pendingin agar suhu bor tidak naik terlalu tinggi. Langkah ini sangat penting. Tuangkan sedikit minyak atau air di bagian yang Anda lubangi. Umumnya, pendingin yang digunakan adalah air. Berikan pendingin lebih banyak lagi jika Anda melubangi benda yang lebih keras. Pendingin ini akan membuat mata bor dan kaca basah dan dingin. Jika suhu kaca terlalu panas saat dilubangi, kaca dapat pecah dan retak.
Anda dapat meletakkan botol berisi air dan memasukkan sedikit air pada lubang yang Anda buat. Air akan merembes keluar dan masuk ke dalam lubang dan mendinginkannya selama Anda bekerja.
Anda juga dapat menyemprotkan sedikit air di sekeliling mata bor untuk membasahinya. Sekali lagi, berhati-hatilah bekerja dengan air di sekitar kabel listrik. Siapkan air dalam botol semprot dan gunakan selama Anda bekerja. Jika sebuk-serbuk putih terbentuk selama Anda bekerja, tambahkan air lagi, dan lambatkan kecepatan bor.
Anda juga dapat meletakkan spons basah di bawah kaca saat melubanginya sebagai pendingin. Atau, Anda bisa melapisi kaca dengan sedikit air sebelum melubanginya--dengan menuangkan sedikit air hingga menggenang dalam wadah yang Anda gunakan.
demikian cara melubangi botol dengan aman. selamat mencoba
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar